Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Negeri Malang (UM) dan University Teknologi Malaysia (UTM) telah berhasil menjalin kolaborasi yang memukau dalam penyelenggaraan mata kuliah Psikologi Kepribadian Anak Usia Pendidikan Dasar pada Program Doktor Pendidikan Dasar. Kolaborasi ini menjadi tonggak sejarah dalam pengembangan pendidikan tinggi yang berkualitas dan terbuka untuk mahasiswa dari kedua universitas.
Tim dosen SPs UM yang berperan dalam program kolaborasi ini tidak lain adalah Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., dan Dr. Radeni Sukma Indra Dewi, S.Pd., M.Pd., yang telah menyuguhkan pemahaman mendalam tentang psikologi kepribadian anak kepada mahasiswa dari berbagai latar belakang. Sementara itu, dari UTM, mata kuliah tersebut diperkaya dengan pengetahuan dan pengalaman Assoc. Prof. Datin Dr. Nooraini Binti Othman.
Kolaborasi ini telah berlangsung selama 7 pertemuan yang tersebar dalam semester genap tahun ajaran 2022/2023. Salah satu hal yang membuat kolaborasi ini istimewa adalah penggunaan pendekatan hybrid. Dalam hal ini, dosen dari UTM memberikan materi kuliah secara daring kepada mahasiswa UM. Hal ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan pengajaran dari seorang ahli dengan latar belakang internasional, membuka wawasan mereka tentang Psikologi Kepribadian Anak.
Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., dari SPs UM, menyampaikan, “Kami sangat bangga dengan kolaborasi ini karena mahasiswa kami dapat belajar dari dua universitas yang berbeda dengan keahlian yang khas. Ini adalah peluang langka untuk mengintegrasikan pengetahuan lokal dan global dalam mata kuliah kami.”
Selama kuliah, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam diskusi yang mendalam, mendengarkan presentasi dari dua universitas yang berbeda, dan bahkan mengikuti proyek penelitian bersama dengan mahasiswa UTM. Ini memungkinkan mereka untuk memahami beragam perspektif dalam Psikologi Kepribadian Anak.
Assoc. Prof. Datin Dr. Nooraini Binti Othman dari UTM menambahkan, “Kolaborasi ini membuktikan bahwa pendidikan tinggi dapat menjadi sarana yang kuat untuk kerja sama antarbangsa, memberikan mahasiswa kesempatan unik untuk memperkaya pemahaman mereka tentang subjek yang penting ini.”
Kolaborasi antara SPs UM dan UTM Malaysia ini menjadi bukti nyata akan potensi besar dari co-teaching yang menghadirkan beragam perspektif dalam pembelajaran. Diharapkan bahwa kolaborasi semacam ini akan menjadi model untuk inovasi pendidikan lebih lanjut dan akan membawa manfaat berkelanjutan bagi mahasiswa serta dunia pendidikan di masa yang akan datang.