Rumusan Profil Lulusan
Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Dasar UM disiapkan untuk berkarir pada tugas-tugas sebagai berikut:
- Pendidik profesional (dosen jenjang Sarjana PGSD, Magister, dan Doktor) yang mampu mengembangkan pembelajaran yang mendidik, transformatif, berkarakter, kritis, inovatif, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif untuk memampukan peserta didik berkembang sesuai potensinya, berpikir kritis, dan memiliki literasi abad 21.
- Peneliti utama yang mampu melaksanakan penelitian tingkat lanjut (advanced research) dan memimpin penelitian untuk memecahkan permasalahan keilmuan dan praktik pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner dan menghasilkan karya yang inovatif, original, teruji.
- Konsultan ahli yang mampu memberikan jasa konsultansi dalam bidang penelitian dan pengembangan kurikulum, pembelajaran, evaluasi, kebijakan dan tata kelola pendidikan dasar.
- Praktisi pendidikan dasar (pengawas, kepala sekolah, atau pimpinan instansi pendidikan) yang mampu mengembangkan pembelajaran yang mendidik, mengembangkan inovasi, manajemen, dan kepemimpinan pendidikan.
Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 9 (S3), Standar Nasional Pendidikan Tinggi Nomor 3 Tahun 2020, dan Standar Pendidikan UM Tahun 2016, maka capaian pembelajaran lulusan (CPL) Program Doktor Pendidikan Dasar dirumuskan sebagai berikut.
Pembentukan Matakuliah dan Besaran SKS
Untuk pembentukan matakuliah dan bobot setiap matakuliah, dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Mata Kuliah | Besaran sks |
---|---|
Filsafat Ilmu | 2 |
Wawasan Pendidikan | 2 |
Filsafat Pendidikan Dasar | 2 |
Desain dan Analisis Data Penelitian | 2 |
Analisis Kebijakan dan Tata Kelola Pendidikan Dasar | 2 |
Studi Mandiri I: Problematika Pendidikan Dasar | 2 |
Studi Mandiri II: Kajian Penelitian Pendidikan Dasar | 2 |
Sains dan Teknologi Kependidikan Dasar | 2 |
Matematika Kependidikan Dasar | 2 |
Ilmu Pengetahuan Sosial Kependidikan Dasar | 2 |
Bahasa dan Seni Kependidikan Dasar Kewarganegaraan Kependidikan Dasar | 2 2 |
Psikologi Kepribadian Anak Usia Pendidikan Dasar | 2 |
Pendidikan Karakter | 2 |
Pengembangan Proposal Disertasi | 4 |
Disertasi | 16 |
Landasan dan Problematika Pendidikan Dasar | 2 |
Metode Penelitian dan Penulisan Karya ilmiah | 2 |
Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Pendidikan Dasar | 2 |
Analisis Teori dan Model Pembelajaran Pendidikan Dasar | 2 |
Pembelajaran berbasis Teknologi dan Kecakapan abad 21 | 2 |
Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Dasar | 2 |
Asesmen Pembelajaran | 2 |
Struktur Matakuliah
Daftar Matakuliah
Daftar mata kuliah beserta karakteristiknya (kode mata kuliah, jenis mata kuliah, bobot mata kuliah.
No. | Kode MK | Nama Mata Kuliah | Jenis Mata Kuliah* | Jumlah sks | ||
Teori | Praktikum | Praktik | ||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) |
1. | UNIVUM9001 | Filsafat Ilmu | V | 2 | ||
2. | UNIVUM9002 | Wawasan Pendidikan | V | 2 | ||
3. | PDASUM9001 | Filsafat Pendidikan Dasar | V | 2 | ||
4. | PDASUM9002 | Desain dan Analisis Data Penelitian | V | 2 | ||
5. | PDASUM9003 | Analisis Kebijakan dan Tatakelola Pendidikan Dasar | V | 2 | ||
6. | PDASUM9004 | Studi Mandiri I: Problematika Pendidikan Dasar | V | 2 | ||
1. | PDASUM9005 | Studi Mandiri II: Kajian Penelitian Pendidikan Dasar | V | 2 | ||
2. | PDASUM9006 | Sains dan Teknologi Kependidikan Dasar | V | 2 | ||
3. | PDASUM9007 | Matematika Kependidikan Dasar | V | 2 | ||
4. | PDASUM9008 | Ilmu Pengetahuan Sosial Kependidikan Dasar | V | 2 | ||
5. | PDASUM9009 | Bahasa dan Seni Kependidikan Dasar | V | 2 | ||
6. | PDASUM9010 | Kewarganegaraan Kependidikan Dasar | V | 2 | ||
7. | PDASUM9011 | Psikologi Kepribadian Anak Usia Pendidikan Dasar | V | 2 | ||
8. | PDASUM9012 | Pendidikan Karakter | V | 2 | ||
1. | PDASUM9099 | Pengembangan Proposal Disertasi | V | V | 4 | |
PDASUM9100 | Disertasi | V | V | 16 | ||
Total SKS | 42 |