Kurikulum S3 Pendidikan Dasar

Rumusan Profil Lulusan

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Dasar UM disiapkan untuk berkarir pada tugas-tugas sebagai berikut:

  1. Pendidik profesional (dosen jenjang Sarjana PGSD, Magister, dan Doktor) yang mampu mengembangkan pembelajaran yang mendidik, transformatif, berkarakter, kritis, inovatif, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif untuk memampukan peserta didik berkembang sesuai potensinya, berpikir kritis, dan memiliki literasi abad 21.
  2. Peneliti utama yang mampu melaksanakan penelitian tingkat lanjut (advanced research) dan memimpin penelitian untuk memecahkan permasalahan keilmuan dan praktik pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner dan menghasilkan karya yang inovatif, original, teruji.
  3. Konsultan ahli yang mampu memberikan jasa konsultansi dalam bidang penelitian dan pengembangan kurikulum, pembelajaran, evaluasi, kebijakan dan tata kelola pendidikan dasar.
  4. Praktisi pendidikan dasar (pengawas, kepala sekolah, atau pimpinan instansi pendidikan) yang mampu mengembangkan pembelajaran yang mendidik, mengembangkan inovasi, manajemen, dan kepemimpinan pendidikan.

Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 9 (S3), Standar Nasional Pendidikan Tinggi Nomor 3 Tahun 2020, dan Standar Pendidikan UM Tahun 2016, maka capaian pembelajaran lulusan (CPL) Program Doktor Pendidikan Dasar dirumuskan sebagai berikut.

Pembentukan Matakuliah dan Besaran SKS

Untuk pembentukan matakuliah dan bobot setiap matakuliah, dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Mata KuliahBesaran sks
Filsafat Ilmu2
Wawasan Pendidikan2
Filsafat Pendidikan Dasar2
Desain dan Analisis Data Penelitian2
Analisis Kebijakan dan Tata Kelola Pendidikan Dasar2
Studi Mandiri I: Problematika Pendidikan Dasar2
Studi Mandiri II: Kajian Penelitian Pendidikan Dasar2
Sains dan Teknologi Kependidikan Dasar2
Matematika Kependidikan Dasar2
Ilmu Pengetahuan Sosial Kependidikan Dasar2
Bahasa dan Seni Kependidikan Dasar Kewarganegaraan Kependidikan Dasar2 2
Psikologi Kepribadian Anak Usia Pendidikan Dasar2
Pendidikan Karakter2
Pengembangan Proposal Disertasi4
Disertasi16
Landasan dan Problematika Pendidikan Dasar2
Metode Penelitian dan Penulisan Karya ilmiah2
Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Pendidikan Dasar2
Analisis Teori dan Model Pembelajaran Pendidikan Dasar2
Pembelajaran berbasis Teknologi dan Kecakapan abad 212
Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Dasar2
Asesmen Pembelajaran2

Struktur Matakuliah

Daftar Matakuliah

Daftar mata kuliah beserta karakteristiknya (kode mata kuliah, jenis mata kuliah, bobot mata kuliah.

No.Kode MKNama Mata KuliahJenis Mata Kuliah*Jumlah sks
TeoriPraktikumPraktik
(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)
1.UNIVUM9001Filsafat IlmuV  2
2.UNIVUM9002Wawasan PendidikanV  2
3.PDASUM9001Filsafat Pendidikan DasarV  2
4.PDASUM9002Desain dan Analisis Data PenelitianV  2
5.PDASUM9003Analisis Kebijakan dan Tatakelola Pendidikan DasarV  2
6.PDASUM9004Studi Mandiri I: Problematika Pendidikan DasarV  2
1.PDASUM9005Studi Mandiri II: Kajian Penelitian Pendidikan DasarV  2
2.PDASUM9006Sains dan Teknologi Kependidikan DasarV  2
3.PDASUM9007Matematika Kependidikan DasarV  2
4.PDASUM9008Ilmu Pengetahuan Sosial Kependidikan DasarV  2
5.PDASUM9009Bahasa dan Seni Kependidikan DasarV  2
6.PDASUM9010Kewarganegaraan Kependidikan DasarV  2
7.PDASUM9011Psikologi Kepribadian Anak Usia Pendidikan DasarV  2
8.PDASUM9012Pendidikan KarakterV  2
1.PDASUM9099Pengembangan Proposal DisertasiV V4
   PDASUM9100DisertasiV V16
Total SKS42