Prodi Dikdas SPs UM Selenggarakan Co-Teaching dengan Dosen Universiti Putra Malaysia

Universitas Negeri Malang (UM) terus mengukir prestasi dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dengan pendekatan inovatif. Kali ini, Program Studi Pendidikan Dasar (Dikdas) di UM mengambil langkah besar dengan mengadakan perkuliahan kolaborasi yang melibatkan dosen lokal dan internasional dari Universiti Putra Malaysia. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengangkat kualitas pembelajaran dengan perspektif yang lebih luas, terutama dalam pengembangan kurikulum dan desain pembelajaran pendidikan dasar.

Perkuliahan kolaboratif ini menfokuskan pada mata kuliah “Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Pendidikan Dasar”. Tim dosen yang terlibat terdiri dari para ahli dalam bidangnya, yakni Prof. Punaji Setyosari dan Dr. Slamet Arifin dari UM, serta Dr. Fazilah binti Razali dari Universiti Putra Malaysia. Keterlibatan dosen dari Malaysia diharapkan akan membawa perspektif global yang akan memperkaya proses pembelajaran.

Dr. Fazilah binti Razali dari Universiti Putra Malaysia menyatakan, “Kolaborasi ini adalah langkah positif untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda kepada mahasiswa. Melalui pertukaran ide antara dosen dan mahasiswa, kita dapat mengembangkan pendekatan kurikulum yang lebih dinamis dan responsif.”

Prof. Punaji Setyosari, selaku Tim Dosen UM, menekankan pentingnya kolaborasi ini, “Kami sangat antusias dengan kesempatan ini karena dapat memberikan wawasan baru bagi mahasiswa dalam mengembangkan pendidikan berkualitas. Kerjasama dengan dosen dari luar negeri membuka peluang untuk melihat tantangan pendidikan dari sudut pandang global.”

Menariknya, perkuliahan ini diselenggarakan secara hybrid pada semester genap tahun 2022/2023. Model pembelajaran ini menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online, memungkinkan mahasiswa untuk belajar secara fleksibel tanpa mengesampingkan kualitas interaksi langsung dengan dosen dan sesama mahasiswa.

Korprodi Program Studi Pendidikan Dasar UM, Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si., menggarisbawahi manfaat dari kolaborasi ini, “Perkuliahan hybrid ini menciptakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk mendapatkan wawasan dari dua negara sekaligus. Kami berharap melalui kerjasama ini, mahasiswa akan lebih siap menghadapi dinamika pendidikan modern yang semakin kompleks.”

Dengan kerja sama yang semakin erat dan pendekatan pembelajaran yang inovatif, UM terus membuktikan komitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kolaborasi ini bukan hanya memberikan manfaat kepada mahasiswa, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan pendidikan yang relevan dengan tuntutan zaman.

 

 

Share your thoughts