Malang-Sekolah Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menyelenggarakan Kuliah Tamu pada 20 September 2023 yang diadakan secara hybrid. Kuliah tamu yang bertajuk “Orkestrasi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Era Society 5.0” mengundang Ahmad Hari Ramadhan sebagai narasumber.
Dari kiri Prof. Prof. Dr. Toto Nusantara , M.Si. ; Ahmad Hari Ramadhan;
Prof. Dr. Adi Atmoko , M.Si, M.Pd.; Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fii.
Ahmad Hari Ramadhan merupakan salah satu sosok penting dari product owner GUE Ecosystem. GUE Ecosystem merupakan perusahaan bidang teknologi digital kesehatan yang bergerak pada pengembangan ekosistem digital kesehatan sehingga dapat diakses dengan mudah oleh seluruh pihak. Pada kesempatan kuliah tamu yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Dasar UM, Hari, memberikan ilmu dan inovasi yang telah dibuatnya mengenai media pembelajaran berbasis teknologi digital.
Sambutan Prof. Adi.Atmoko, M.Pd. Direktur Sekolah Pascasarjana
Selain itu, Prof. Adi.Atmoko, M.Pd. selaku direktur Sekolah Pascasarjana UM, dalam sambutan di Aula Pascasarjana lantai 9 menyampaikan bahwa seorang pendidik sudah seharusnya mampu untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Di era society 5.0, pemanfaatan teknologi bagi pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa maupun mahasiswa untuk dapat menyerap ilmu secara optimal. Tak hanya itu, seorang tenaga pendidik juga diharapkan dapat mampu memiliki skill yang baik untuk bisa beradaptasi dan bertahan pada dunia kerja.
Peserta Kuliah Tamu Sedang Praktik Membuat Media Augmented Reality (AR)
Kuliah tamu ini diharapkan dapat mampu menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan para dosen, mahasiswa dan guru S2 dan S3 Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Seiring dengan berkembangnya zaman, maka teknologi juga memiliki perkembangan yang pesat dan harus . Dalam dunia pendidikan, peran teknologi memiliki dampak langsung terhadap para pendidik untuk dapat mengimplementasikannya dan memadukkannya kedalam pembelajaran seperti dengan adanya virtual reality maupun augmented reality.